Cara Unik dan Mudah Mengasah Otak - Improve Your Knowledge
banner iklan

Cara Unik dan Mudah Mengasah Otak

Otak merupakan organ tubuh terpenting dalam diri kita untuk mengatur atau sistem pengendali semua bagian anggota tubuh. Kita dapat memiliki otak yang memiliki kemampuan dalam hal apapun apabila kita sering mengasahnya. Namun terlalu banyak hal yang menyulitkan kita dalam mengasah otak, dan justru membuat kita tidak nyaman. Untuk itu disini kita akan bahas cara unik dan mudah dalam mengasah otak kita agar otak kita selalu bekerja dengan baik. apa saja? Berikut adalah cara unik dan mudah dalam mengasah otak.
Asah Otak
img source: http://www.polyvore.com/

1. Menutup mata disaat mandi
Aktivitas mandi memang cukup sulit dilakukan dengan mata tertutup. Untuk mempermudahnya, kamu bisa menyiapkan terlebih dulu sabun, sampo, atau produk-produk lain di sekitar Anda. "Faktanya, melakukan sesuatu dengan mata tertutup merupakan cara tercepat untuk melatih fokus dan ingatan," ujar Ron White, pemenang kompetisi mengingat di Amerika Serikat untuk kedua kalinya.

2. Menari dan Berdansa
Bergerak aktif tidak hanya mengaktifkan otak kecil (cerebellum), bagian otak yang berfungsi dalam kemampuan berpikir dan menerka, tetapi juga memproduksi protein yang membantu sel saraf berkomunikasi dengan lebih efektif.

"Berdansa merupakan interaksi sosial yang memperbaiki fungsi sel saraf. Serta, membantu jantung untuk memompa oksigen dan nutrisi ke sel-sel otak," ujar Gary Small, direktur Longevity Center di University of California Los Angeles dan penulis buku The Alzheimer's Prevention Program.

3. Melakukan percobaan seperti kidal
Jika kamu tidak kidal, cobalah beraktivitas dengan tangan kiri, seperti menulis atau menyikat gigi, atau sebaliknya bila kamu kidal. Ini akan membuat otak Anda "belajar" untuk melakukan hal yang baru. Saat menggunakan tangan yang tidak biasa dipakai untuk beraktivitas, akan lebih banyak area otak yang diaktifkan sehingga meningkatkan kemampuannya.

4. Bermain pingpong atau tenis meja
Bermain pingpong akan meningkatkan kemampuan koordinasi interaksi mata dan tangan. Menurut Daniel Amen, peneliti pencitraan otak, penting bagi kita untuk memperbaiki kemampuan koordinasi ini sebab akan memudahkan otak untuk mengetahui apa yang harus dilakukan.

5. Melakukan Berbelanja
Meskipun berbelanja akan memberi "beban" bagi kocek kamu, tetapi ada manfaat yang mengejutkan bagi otak di balik kegiatan tersebut. Small mengatakan, Anda melakukan banyak aktivitas fisik dan pikiran saat berbelanja, Anda berjalan, bertemu orang, membuat perhitungan. "Setiap kegiatan itu akan merangsang bagian-bagian pada otak untuk lebih aktif," jelasnya.

Namun, kamu tetap harus membatasi uang belanja. Jangan sampai kamu kelepasan membeli barang-barang yang tidak diperlukan hingga membuat kamu menjadi stres kemudian.

6. Juggling
Menurut sebuah studi di tahun 2013 yang dipublikasi dalam jurnal Nature, belajar juggling dapat membuat sebagian area pada otak berkembang. "Ini karena aktivitas tersebut dapat melatih fisik, pengenalan pada pola, dan orientasi spasial yang mengaktifkan beberapa area sekaligus pada otak," terang Sills.

sumber: http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/02/6-tips-unik-untuk-mengasah-otak

1 Comments:

#Tidak Semua Pertanyaan Bisa Dijawab
#Spam dan Link Aktif akan Otomatis Terhapus
#Kode Emot :) :( :} :D :P xd B) :? -_- :v :3 :x :thx :sip :pm