Cara Simple Mengatasi Hang Saat Proses Shutdown - Improve Your Knowledge
banner iklan

Cara Simple Mengatasi Hang Saat Proses Shutdown

Jika anda adalah pengguna windows 7 dan sering mengalami hang pada saat proses shutdown, maka saya merekomendasikan untuk terus membaca artikel ini. Disini saya akan memberiksn tips atau cara yang paling simple untuk mengatasi terjadinya hang pada saat pc atau laptop anda melakukan shutdown. Namun memang cara ini dikhawatirkan tidak bisa diterapkan dibeberapa komputer, tapi tidak ada salahnya untuk mencobanya terlebih dahulu.

shutdown screen

Contoh kejadian hang disini adalah pada saat tampil layar shutdown (lihat gambar) tetapi komputer tidak memberikan respons apa-apa, melainkan diam dalam waktu yang lama dan mungkin akan kembali lagi ke tampilan desktop. Coba perhatikan lampu indikator di pc atau laptop anda yang bersimbol seperti tabung(saya lupa namanya) apakah lampunya menyala, kelap-kelip atau mati.

Untuk penjelasan lihat artikel tentang jenis lampu indikator di komputer. Jika lampu dengan simbol tabung tadi tidak menyala alias mati, tandanya komputer anda sedang tidak melakukan proses apapun(idle) padahal kita telah memberikan perintah shutdown, sehingga menyebabkan hang. Untuk mengatasinya cobalah buka (eject) CD-Rom komputer anda lalu tutup lagi dan tunggulah beberapa saat. Proses shutdown akan segera dieksekusi komputer dan melakukan booting.

Saya telah coba di beberapa laptop termasuk laptop sendiri dan 100% berhasil. Ini adalah cara paling simpel untuk mengatasi hang saat proses shutdown dan cara ini merupakan saya dapat dari pengalaman pribadi. Untuk teman-teman yang mengalami hal serupa cobalah cara ini. Cara ini juga bisa diterapkan jika terjadi hang pada saat startup. Semoga berhasil.

#Tidak Semua Pertanyaan Bisa Dijawab
#Spam dan Link Aktif akan Otomatis Terhapus
#Kode Emot :) :( :} :D :P xd B) :? -_- :v :3 :x :thx :sip :pm